Sragen (Humas) – MIN 2 Sragen melaksanakan agenda tahunan penting, yaitu Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM), yang dilaksanakan pada Selasa (7/10). Kegiatan ini berjalan lancar dan penuh antusiasme, melibatkan seluruh elemen madrasah dalam menyajikan bukti-bukti kinerja yang telah dicapai.
PKKM kali ini dipimpin oleh tim penilai dari Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sragen, yang terdiri dari dua pengawas madrasah, Sulhan dan Sugito.
Aspek Penilaian Menyeluruh
Proses penilaian dimulai sejak pagi hari, mencakup empat komponen utama: Manajerial, Pengembangan Kewirausahaan, Supervisi Guru dan Tenaga Kependidikan, serta Hasil Kinerja Kepala Madrasah. Sulhan dan Sugito secara teliti memeriksa dokumen fisik dan non-fisik, serta melakukan wawancara dengan perwakilan guru, komite madrasah, dan tenaga kependidikan untuk mendapatkan gambaran utuh mengenai kepemimpinan kepala madrasah.
Dalam sambutannya, Sugito mengapresiasi kerja keras seluruh jajaran MIN 2 Sragen. “PKKM bukan sekadar formalitas, namun momentum refleksi untuk melihat sejauh mana program madrasah telah berjalan efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dan pelayanan pendidikan,” ujarnya.
Senada dengan itu, Sulhan menekankan pentingnya inovasi dan kolaborasi. “Kami melihat adanya komitmen kuat dari kepala madrasah dan para guru di MIN 2 Sragen untuk terus berinovasi dan memajukan program-program yang ada di madrasah. Juga adanya program yang masih harus ditambahkan guna memajukan mutu pendidikan di lingkungan madrasah.” tambahnya.
Komitmen Madrasah
Kepala MIN 2 Sragen, dalam penutupannya, menyampaikan rasa terima kasih atas bimbingan dan masukan yang diberikan tim penilai. “Hasil PKKM ini akan menjadi peta jalan kami untuk merencanakan program kerja tahun berikutnya. Kami berkomitmen untuk terus menjadikan MIN 2 Sragen sebagai madrasah yang unggul dan berprestasi,” pungkasnya.
Kegiatan PKKM ditutup dengan sesi penyampaian umpan balik dan foto bersama, menegaskan kesiapan MIN 2 Sragen dalam menyongsong tahun pelajaran yang lebih baik. (roi/enn)


