Kebiasaan gemar membaca perlu di digalakkan kembali karena pada kenyataannya yang terjadi sekarang ini menunjukkan minat baca para siswa terus mengalami penurunan dan memprihatinkan, sehingga kemampuan membaca siswa tergolong rendah. Bila siswa ingin mencintai buku maka mereka harus terbiasa berinteraksi dengan buku. Salah satu tantangan bagi guru di madrasah harus mampu membangkitkan minat siswa untuk gemar membaca. Para guru MIN Jono berusaha meningkatkan minat baca para siswanya, salah satu usaha yang diterapkan untuk meningkatkan minat baca siswa MIN Jono tersebut, setiap seminggu sekali yaitu pada hari Jum’at pagi setelah kegiatan senam bersama para siswa dan guru membaca bersama di halaman madrasah.
Kegiatan membaca bersama dilakukan selama 10 – 15 menit, setelah kegiatan membaca salah satu siswa perwakilan dari setiap kelas untuk bercerita atau menyampaikan apa yang telah dibaca secara lisan di depan para siswa dan guru. Setelah kegiatan bercerita secara lisan guru menunjuk salah satu siswa untuk menyimpulkan cerita atau bacaan yang telah disampaikan oleh siswa. Dengan gerakan membaca bersama ini diharapkan minat baca siswa meningkat, Bila siswa sudah mempunyai minat membaca, mereka akan mewujudkan keinginannya dengan berusaha mencari bahan bacaan dan kemudian membacanya atas kesadaran sendiri. Kebiasaan membaca ini akan membantu setiap siswa untuk mentransfer ilmu pengetahuan dan teknologi menambah pengetahuan, dan membuka wawasan para siswa sehingga dapat menemukan suatu informasi dan menemukan suatu penemuan yang baru yang dapat mengantarkan para siswa mencapai kesuksesan dalam belajar (agusjono).